Satuan pendidikan
|
:
|
SMP/MTS
|
Kelas/semester
|
:
|
VIII / II
|
Mata pelajaran
|
:
|
IPA Biologi
|
Tema
|
:
|
Pesawat Sederhana
|
Pertemuan
|
:
|
1 (satu)
|
Alokasi waktu
|
:
|
2 x 45 menit
|
Kompetensi inti
|
:
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
kongkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1 Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
pengamatan,percobaan, dan berdiskusi.
2.2 Menghargai kerja individu
dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.5 Mendeskripsikan
kegunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
4.5
Melakukan penyelidikan tentang keuntungan
mekanik pada pesawat Sederhana.
|
Indikator
|
:
|
1.1.1
Menyadari akan pentingnya keberadaan benda-benda di sekitar.
2.1.1
Melalui kegiatan diskusi
peserta didik dapat
menunjukan perilaku kerja sama,
musyawarah dan
aktif.
3.5.1
Menjelaskan pengertian pesawat
sederhana.
3.5.2
Menjelaskan macam-macam pesawat
sederhana.
3.5.3
Menjelaskan prinsip kerja
pesawat sederhana.
3.5.4
Menjelaskan manfaat pesawat
sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tujuan pembelajaran
|
|
1.1.1.1
Agar siswa dapat menyadari
pentingnya keberadaan benda-benda di sekitar.
2.1.1.1
Agar siswa mampu menjelaskan pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari.
(Kompetensi Sikap & Spiritual).
3.5.1.1
Agar siswa mampu menjelaskan
pengertian pesawat sederhana.
3.5.1.2
Agar siswa mampu menyebutkan
macam-macam pesawat sederhana.
3.5.1.3
Agar siswa mampu menjelaskan
prinsip kerja pesawat sederhana.
3.5.1.4
Agar siswa mampu menjelaskan
manfaat pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
(Kompetensi pengetahuan dan keterampilan).
|
Materi Pembelajaran
|
:
:
|
Materi
pembelajaran pesawat sederha:
a.
Pengertian pesawat sederhana
Pesawat
sederhana adalah alat sederhana yang dipergunakan untuk mempermudah manusia
melakukan usaha.
b.
Jenis-jenis pesawat sederhana
Tuas/Pengungkit
Tuas/pengungkit berfungsi untuk mengungkit, mencabut atau mengangkat benda yang berat.
Keuntungan
mekanik tuas adalah
perbandingan antara gaya beban (w) dengan gaya kuasa (F).
Keuntungan mekanik pada tuas bergantung pada masing-masing lengan. Semakin panjang lengan kuasanya, maka keuntungan mekaniknya akan semakin besar.
Bidang miring
Bidang miring
merupakan salah satu jenis pesawat sederhana yang digunakan untuk memindahkan
benda dengan lintasan yang miring.
Keuntungan mekanik bidang miring bergantung pada panjang landasan bidang miring dan tingginya. Semakin kecil sudut kemiringan bidang, semakin besar keuntungan mekanisnya atau semakin kecil gaya kuasa yang harus dilakukan. Katrol
Katrol
merupakan roda yang berputar pada porosnya. Biasanya pada katrol juga
terdapat tali atau rantai sebagai penghubungnya. Berdasarkan cara kerjanya,
katrol merupakan jenis pengungkit karena memiliki titik tumpu, kuasa, dan
beban. Katrol digolongkan menjadi tiga, yaitu katrol tetap, katrol bebas, dan
katrol majemuk.
Keuntungan
Pada katrol tetap, panjang lengan kuasa sama dengan lengan beban sehingga keuntungan mekanik pada katrol tetap adalah 1, artinya besar gaya kuasa sama dengan gaya beban
Roda
berporos
c.
Fungsi pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
Fungsi
pesawat sederhana tergantung pada jenisnya.
Tuas, contohnya : pemotong kuku, gunting,
penjepit jemuran, tang.
Bidang miring terdapat pada tangga dan
jalan di daerah pegunungan.
Katrol,
digunakan
pada tiang bendera dan sumur timba
Roda berporos merupakan salah satu jenis pesawat
sederhana yang banyak ditemukan pada alat-alat seperti setir mobil, setir
kapal, roda sepeda, roda kendaraan bermotor, dan gerinda.
|
Pendekatan
|
:
|
Cooperatif
Learning
|
Metode
|
:
|
Ceramah, diskusi dan tanya jawab.
|
Model
|
:
|
Inquri dengan
tipe LKPD Make-a match Modifikasi
|
Media, alat dan sumber
|
:
|
1.
Media: Power Point
dan gambar
2.
Alat: LKPD/ LKS
3.
Sumber: Pratiwi, D. A., dkk . 2004. Buku Penuntun Biologi SMP untuk Kelas VIII .
Jakarta : Penerbit Erlangga.
|
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model Inquri
|
Deskripsi
kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Keterampilan membuaka pelajaran
|
1.
Orientasi
|
Guru melakukan
pemusatan perhatian dengan mengucapkan salam dan peserta didik menjawab
dengan santun.
“Selamat pagi anak-anak, bagaimana kabar pagi ini?”
Sebelum pelajaran
di mulai peserta didik berdoa terlebih dahulu.“Anak-anak, sebelum memulai pelajaran, marilah kita berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.”
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai. “Anak-anak, tujuan
pembelajaran kita hari ini adalah agar kalian mampu memahami beberapa hal
berikut ini: Pengertian pesawat sederhana, macam-macam pesawat sederhana, prinsip kerja
pesawat sederhana dan manfaat pesaat sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta
didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas pada pertemuan ini.
|
20menit
|
Kegiatan inti
Keterampilan menjelaskan
|
2.
Menyajikan fakta
|
Guru menyampaikan bahwa pesawat sederhana merupakan alat bantu yang memudahkan
manusia untuk melakukan usaha.
|
40 menit
|
|
3.
Observase
|
1.
Guru
meminta siswa mencermati ulang bacaan di buku teks atau modul tentang pesawat
sederhana.
2.
Guru menayangkan video siswa yang sedang menaikan
bendera merah putih. (Mengamati).
|
|
|
4.
Rumusan masalah
|
Guru
menayangkan kembali tujuan pembelajaran.
Guru
meminta siswa untuk merumuskan masalah terhadap video siswa yang sedang menaikan bendera
merah putih. (Menanya).
|
|
|
5.
Pengajuan hipotesis
|
Berdasarkan rumusan
masalah, guru meminta siswa merumuskan hipotesis dalam bentuk opini.
|
|
|
6.
Pengumpulan data
|
Pada tahap ini guru meminta peserta didik mencari
informasi atau menemukan jawaban dalam buku sumber. (Mengumpulkan informasi).
|
|
|
7.
Analisis data
|
1. Pada tahap ini siswa berdiskusi untuk mengolah data/ menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang telah dirumuskan. (Mengasosiasi).
2. Setelah berdiskusi, peserta didik mempresentasikan
hasil diskusi. (Mengkomunikasikan).
|
|
Penutup
Keterampilan menutup pelajaran
|
8.
Menarik kesimpulan
|
Guru dan peserta
didik membuat kesimpulan dan merefleksi hasil kerja kelompok. “ Anak-anak siapa yang bisa menyimpulkan
materi kita hari ini?” Siswa
diharapkan mengacung tangan. Setelah siswa menyimpulkan, guru memberikan
respon positif dengan mengatakan, “bagus.” (Keterampilan memberikan penguatan kepada individu).
Setelah siswa 1
menyimpulkan, guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab
dengan mengatakan, “ada yang lain?”
(Keterampilan
bertanya/ pemindahan giliran).
Guru memberikan tugas
rumah kepada peserta didik. “Anak-anak
ada beberapa soal yang harus kalian kerjakan di rumah antara lain”
a. Buatlah dokumentasi (dalam bentuk
foto) pekerjaan yang ada jumpai yang menggunakan pesawat sederha.
|
|
PENILAIAN
b.
Metode dan Bentuk
Instrumen
No.
|
ASPEK
|
TEKNIK PENILAIAN
|
BENTUK INSTRUMEN
|
|
|
||
1.
|
Keaktifan
peserta didik (sikap)
|
Obsevase
dan penilaian diri
|
Lembar
pengamatan sikap dan rubrik
|
2.
|
Penilaian terhadap LKPD (kognitif)
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
b.
Lembar Penilaian
Sikap
1.
Observase
No.
|
Nama peserta
didik
|
Rasa ingin tahu
|
Kerja sama
|
Berkomunikasi
dengan teman
|
Jumlah skor
|
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
Kriteria: Skor 1, jika tidak pernah
mengemukakan pendapat dalam berdiskusi.
Skor 2, Jika kadang-kadang mengemukakan
pendapat dalam berdiskusi.
Skor 3, Jika sering memberikan pendapat
dalam berdiskusi
Skor 4, Jika slalu memberikan pendapat
dalam berdiskusi
NILAI= JUMLAH SKORX 100
20
|
2. Penilaian Diri
Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah
tanda V pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya!
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Selama melakukan kegiatan kelompok
saya bekerjasama dengan teman satu kelompok.
|
|
|
2.
|
Saya bekerja keras dalam
melaksanakan pembelajaran
|
|
|
3.
|
Saya membuat tugas terlebih dahulu
dengan membaca literatur yang mendukung
|
|
|
4.
|
Saya menggunakan waktu
pembelajaran dengan efektif dan efisien
|
|
|
5.
|
Saya mencatat hasil kerja kelompok
pada buku catatan
|
|
|
Mengetahui, Malang,
23 Agustus 2014
Pembimbing Praktikan
....................... ...........................
Farisha, S.Pd Robertilde M. Jamung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar