Kamis, 25 September 2014

Contoh RPP kurikulum 2013



Satuan pendidikan
    :
SMP/MTS
Kelas/semester
    :
VIII / I
Mata pelajaran
    :
IPA Biologi
Tema
    :
Mata sebagai alat indera dan alat optik
Pertemuan
    :
1 (satu)
Alokasi waktu
    :
2 x 45 menit
Kompetensi inti
    :
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang   
dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah kongkret(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar
   :
1.1  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukan perilaku ilmiah dalam aktivitas sehari-hari
      sebagai wujud implanmentasi sikap dalam melakukan
      pengamatan percobaan atau berdiskusi.
3.6   Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan, serta aplikasinya untuk menjelaskan penglihatan manusia, struktur mata pada hewan, dan prinsip kerja alat optik.
4.5  Membuat laporan hasil penyelidikan tentang pembentukan bayangan pada cermin dan lensa.
Indikator
:
1.1.1        Mengagumi mata sebagai alat indera ciptaan Tuhan.
2.1.1   Memiliki rasa ingin tahu.
2.1.2   Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam   
           belajar dan bekerja baik secara individu maupun
           berkelompok.
3.6.1        Menjelaskan stuktur dan fungsi mata manusia
3.6.2        Menjelaskan proses pembentukan bayangan mata manusia
3.6.3        Menguraikan daya akomodasi mata
3.6.4        Menjelaskan penyebab kelainan-kelainan pada mata dan cara mengatasinya. (Kompetensi pengetahuan dan keterampilan).
Tujuan Pembelajaran




:
1.1.1.1   Agar siswa mengagumi mata sebagai alat indera ciptaan Tuhan.
2.1.1.1  Agar siswa memiliki rasa ingin tahu.
2.1.1.2  Agar siswa bisa menunjukan ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun kelompok.
(Kompetensi spiritual dan sosial).
3.6.1.1  Agar siswa mampu  menjelaskan struktur dan fungsi pada mata manusia.
3.6.1.2  Agar siswa mampu menjelaskan proses pembentukan bayangan pada mata manusia.
3.6.1.3  Agar siswa mampu menguraikan daya akomodasi mata.
3.6.1.4  Agar siswa mampu menjelaskan penyebab kelainan-kelainan pada mata dan cara mengatasinya.
(Kompetensi pengetahuan dan keterampilan).
Materi Pembelajaran

:
:
Mata sebagai alat optik dan indera meliputi:
a.       Fungsi bagian-bagian mata
Mata adalah organ penglihatan yang mendeteksi cahaya. Yang dilakukan mata yang paling sederhana tak lain hanya mengetahui apakah lingkungan sekitarnya adalah terang atau gelap. Organ mata terdiri atas organ luar dan dalam.
*      Organ luar
Bulu mata
Bulu mata,adalah bagian dari kelopak mata yang berupa helaian rambut-rambut. Rambut-rambut ini berfungsi untuk melindungi supaya debu, keringat atau air yang menetes dari dahi tidak masuk ke mata.
Alis mata
Alis mata pada sebagian besar mamalia berupa bagian yang sedikit menonjol sedikit di atas kedua belah kelopak mata dan mempunyai sedikit rambut halus. Alis mata berfungsi sebagai pelindung mata yang peka dari tetesan keringat yang jatuh dari bagian dahi, air hujan, atau sinar matahari yang berlebihan.
Kelopak mata
Kelopak mata adalah lipatan kulit yang lunak yang menutupi dan melindungi mata.
*      Organ dalam
Sklera (bagian putih mata)
Merupakan lapisan luar mata yang berwarna putih dan relatif kuat.
Konjungtiva : selaput tipis yang melapisi bagian dalam kelopak mata dan bagian luar sklera.
Kornea : struktur transparan yang menyerupai kubah, merupakan pembungkus dari iris, pupil dan bilik anterior serta membantu memfokuskan cahaya.
Pupil : daerah hitam di tengah-tengah iris.
Iris : jaringan berwarna yang berbentuk cincin, menggantung di belakang kornea dan di depan lensa; berfungsi mengatur jumlah cahaya yang masuk ke mata dengan cara merubah ukuran pupil.
Lensa : struktur cembung ganda yang tergantung diantara humor aqueus dan vitreus; berfungsi membantu memfokuskan cahaya ke retina.
Retina : lapisan jaringan peka cahaya yang terletak di bagian belakang bola mata; berfungsi mengirimkan pesan visuil melalui saraf optikus ke otak.
Saraf optikus : kumpulan jutaan serat saraf yang membawa pesan visuil dari retina ke otak.
b.      Daya Akomodasi Mata
Daya akomodasi (daya suai) adalah kemampuan otot siliar untuk menebalkan atau memipihkan kecembungan lensa mata yang disesuaikan dengan dekat atau jauhnya jarak benda yang dilihat. Manusia memiliki dua batas daya akomodasi (jangkauan penglihatan) yaitu :
1.      Titik dekat mata (punctum proximum) adalah jarak benda terdekat di depan mata yang masih dapat dilihat dengan jelas. Untuk mata normal (emetropi) titik dekatnya berjarak 10cm s/d 20cm (untuk anak-anak) dan berjarak 20cm s/d 30cm (untuk dewasa). Titik dekat disebut juga jarak baca normal.
2.      Titik jauh mata (punctum remotum) adalah jarak benda terjauh di depan mata yang masih dapat dilihat dengan jelas. Untuk mata normal titik jauhnya adalah “tak terhingga”
c.       Proses pembentukan bayangan pada mata manusia
Cahaya yang masuk melalui kornea diteruskan ke pupil. Iris mengatur jumlah cahaya yang masuk dengan cara membuka dan menutup, seperti halnya celah pada lensa kamera. Jika lingkungan di sekitar gelap, maka cahaya yang masuk akan lebih banyak; jika lingkungan di sekitar terang, maka cahaya yang masuk menjadi lebih sedikit. Ukuran pupil dikontrol oleh otot sfingter pupil, yang membuka dan menutup iris. Lensa terdapat di belakang iris. Dengan merubah bentuknya, lensa memfokuskan cahaya ke retina. Jika mata memfokuskan pada objek yang dekat, maka otot silier akan berkontraksi, sehingga lensa menjadi lebih tebal dan lebih kuat. Jika mata memfokuskan pada objek yang jauh, maka otot silier akan mengendur dan lensa menjadi lebih tipis dan lebih lemah. Retina mengandung saraf-saraf cahaya dan pembuluh darah. Bagian retina yang paling sensitif adalah makula, yang memiliki ratusan ujung saraf. Banyaknya ujung saraf ini menyebabkan gambaran visuil yang tajam. Retina mengubah gambaran tersebut menjadi gelombang listrik yang oleh saraf optikus dibawa ke otak. Saraf optikus menghubungkan retina dengan cara membelah jalurnya. Sebagian serat saraf menyilang ke sisi yang berlawanan pada kiasma optikus (suatu daerah yang berada tepat di bawah otak bagian depan). Kemudian sebelum sampai ke otak bagian belakang, berkas saraf tersebut akan bergabung kembali
d.      Kelainan pada mata
*      Miopi
Miopi yakni seseorang yang tidak dapat melihat benda yang berjarak jauh. Biasanya terjadi pada pelajar.dapat dibantu dengan kacamata berlensa cekung.
*       Hipermetropi
Hipermetropi yaitu seseroang yang tidak dapat melihat benda yang berjarak dekat dari mata. Dapat dibantu dengan kacamata berlensa cembung.
*       Presbiopi
Presbiopi adalah seseorang yang tidak dapat melihat benda yang berjarak dekat maupun berjarak jauh. Dapat dibantu dengan kacamata berlensa rangkap. Biasa terjadi pada lansia.
*      Buta warna
Buta warna adalah suatu kondisi dimana seseorang sama sekali tidak dapat membedakan warna. Yang dapat dilihat hanyalah warna hitam, abu-abu, dan putih. Buta warna biasanya merupakan penyakit turunan. Artinya jika seseorang buta warna, hampir pasti anaknya juga buta warna.
*      Katarak
Katarak adalah suatu penyakit mata di mana lensa mata menjadi buram karena penebalan Lensa Mata dan terjadi pada orang lanjut usia (lansia).
*      Astigmatis 
Ketidakaturan lengkung - lengkung permukaan bias mata yang berakibat cahaya tidak fokus pada retina.
Pendekatan
:
Scientific
Metode
:
Ceramah, diskusi dan  tanya jawab
Model
:
Discovery learning dengan tipe LKPD Word Square
Media, alat dan sumber
:
1.      Media: Power Point  dan gambar dan kacamata.
2.      Alat: LKPD/ LKS
3.      Sumber: Wariyono,S.dkk 2008. Buku  Mari belajar IPA SMP/MTS kelas VIII. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun : 2008.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN.
Kegiatan
Langkah-langkah Model Pembelajaran Discovery Learnig
Deskripsi kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
Keterampilan membuaka pelajaran
1.      Pemberian rangsangan
*      Guru melakukan pemusatan perhatian dengan mengucapkan salam dan peserta didik menjawab dengan santun.
“Selamat pagi anak-anak, bagaimana kabar pagi ini?”
*      Sebelum pelajaran di mulai peserta didik berdoa terlebih dahulu.“Anak-anak, sebelum memulai pelajaran membaca doa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.”
*      Praktikan memotivasi dan memusatkan perhatian siswa dengan menampilan gambar lilin menyala dan mata manusia.
       (Mengamati)
20menit
Kegiatan inti
Keterampilan menjelaskan
2.      Identifikasi masalah
Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengidetifikasi sebanyak mungkin masalah yang berkaitan dengan gambar lilin menyala dan mata manusia sampai peserta didik dapat berpikir dan menuliskan pertanyaan.
1.      Apa kaitan antara mata dan lilin meyala (cahaya)?
2.       Apa sajakah bagian-bagian mata?
3.      Bagaimana proses pembentukan bayangan pada mata manusia?
4.      Apa itu daya akomodasi mata?
5.      Apa saja kelainan pada mata?
(Menanya ).
40 menit

3.      Pengumpulan data
Pada tahap ini peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi terdahulu dengan cara mencari dalam buku sumber. (Mengumpulkan informasi).


4.      Pengolahan data
Pada tahap ini peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi untuk menjawab beberapa pertanyaan yang telah diajukan. Mengasosiasi.


5.      Pembuktian
Pada tahap verifikasi, peserta didik mendiskusikan hasil pengolahan data dan memverifikasikan hasil identifikasinya dengan data-data pada buku sumber. Misalnya dengan cara melakukan asosiasi data dengan data-data pada buku siswa, apakah sudah benar jawaban dari pertanyaan; apa kaitan antara lilin (cahaya) dengan mata, apa sajakah organ dan struktur mata, bagaimana pembentukan bayangan pada mata, apa itu daya akomodasi mata serta kelainan apa sajakah yang terjadi pada mata?”



Setelah menjawab pertanyaan, peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok (mengkomunikasikan)

Penutup
Keterampilan menutup pembelajaran.
6.      Menarik kesimpulan
*      Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dan merefleksi hasil kerja kelompok. “ Anak-anak siapa yang bisa menyimpulkan materi kita  hari ini?” Siswa diharapkan mengacung tangan. Setelah siswa menyimpulkan, guru memberikan respon positif dengan mengatakan, “bagus.” (Keterampilan memberikan penguatan kepada individu).
*      Setelah siswa 1 menyimpulkan, guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab dengan mengatakan, “ada yang lain?”
(Keterampilan bertanya/ pemindahan giliran).
*      Guru memberikan tugas rumah kepada peserta didik. “ Anak-anak ada beberapa soal yang harus kalian kerjakan di rumah antara lain ;
1.      Buatlah skema atau gambaran secara singkat tentang pembentukan bayangan pada mata manusia!
b.      Gambarlah proses  pembentukan bayangan pada penderita presbio!

PENILAIAN
a.      Metode dan Bentuk Instrumen
No.
ASPEK 
      TEKNIK PENILAIAN
BENTUK INSTRUMEN


1.
Keaktifan peserta didik (sikap)
Obsevase dan penilaian diri
Lembar pengamatan sikap dan rubrik
2.
Penilaian terhadap LKPD (kognitif)
Tes tertulis
Tes uraian



b.      Lembar Penilaian Sikap
1.      Observase
No.
Nama peserta didik
Rasa ingin tahu
Kerja sama
Berkomunikasi dengan teman
Jumlah skor
1.





2.





3.





4.





5.





Kriteria: Skor 1, jika tidak pernah mengemukakan pendapat dalam berdiskusi.
               Skor 2, Jika kadang-kadang mengemukakan pendapat dalam berdiskusi.
               Skor 3, Jika sering memberikan pendapat dalam berdiskusi
                Skor 4, Jika slalu memberikan pendapat dalam berdiskusi
           NILAI= JUMLAH SKORX 100
                                    20
 










2.      Penilaian Diri
Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda V pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya!
No.
Pernyataan
Ya
Tidak
1.
Selama melakukan kegiatan kelompok saya bekerjasama dengan teman satu kelompok.


2.
Saya bekerja keras dalam melaksanakan pembelajaran


3.
Saya membuat tugas terlebih dahulu dengan membaca literatur yang mendukung


4.
Saya menggunakan waktu pembelajaran dengan efektif dan efisien


5.
Saya mencatat hasil kerja kelompok pada buku catatan


Mengetahui,                                                                             Malang, 23 Agustus 2014
Pembimbing                                                                               Praktikan
.........................                                                                                   ...........................
Farisha, S.Pd                                                                            Robertilde M. Jamung









LAMPIRAN
LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD)
A.    Tujuan
1.      Siswa mampu menjelaskan fungsi bagian-bagian mata.
2.      Siswa mampu menjelaskan daya akomodasi mata
3.      Siswa bisa menjelaskan proses pembentukan bayangan pada mata manusia.
4.      Sisawa mampu menjelaskan kelainan pada mata.
B.     Alat dan Bahan
1.      Alat tulis
2.      Power point
3.      Buku Biologi SMP  Sumber: Wariyono,S.dkk 2008. Buku  Mari belajar IPA SMP/MTS kelas VIII. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun : 2008.
C.    Cara Kerja
Berdiskusilah dengan teman kelompokmu! Arsirlah kotak dengan pensil atau pewarna berdasarkan jawaban yang benar!
Soal kelompok 1 & 3.
1.      ......merupakan bagian dinding mata yang berwarna putih yang memiliki ketebalan rata- rata 1 milimeter.
2.      Organ mata dikatakan sebagai alat optik karena memiliki bagian yang berfungsi menerima cahaya dari pupil. Apa nama organ tersebut?
3.      Kemampuan lensa mata memipih dan mencembung disebut dengan daya...
4.      Jika kita melihat benda yang berada dekat dengan kita, maka lensa mata akan...
5.      Perhatikan gambar berikut!




Dari gambar di atas, disebut apakah kelainan yang terjadi pada mata manusia dan bisa dibantu dengan menggunakan kaca mata....
C
A
H
A
Y
A
S
I
A
N
G
B
U
T
A
  M

E

L

I

H

A

T

K

C

E

M

B

U

N

G
L

E

N

S

A

O

T

  A

K

C

O

P

T

I

K
I

B

F

R

K

C

E

R

I

E
N
A
R
S
F
R

A

O

E

O

M

O

R

N

K
K
O
R
N
E
I

Y

K

T

M

I

O

P

I

U
P
U
P
I
L
S

A

U

I

O

M

J

M

P

 N

B

I

N

T

K
M

N

S

N

D

B

O

L

A

G

I

M

P

U

L
   A

G

E

A

   A

O

P

T

I

K

S

Y

A

R

F
T
A
C
Z
  S
K
E
L
R
A
P
U
P
I
L
A

N

V

B

I

K

O

R

N

E

A

E

Y

E

S
W


S


W
S


SEMANGAT MENUJU NILAI 100
WORD SQUARE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar